Kantor Bupati Bogor di Jalan Tegar Beriman
Festival Dongdang, Tradisi Khas Kabupaten Bogor dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
09 April 2014 16:11:33
Sekda : Ketidaksiapan TPS Picu Rendahnya Partisipasi Masyarakat

DSC_0105.jpg

Molornya waktu proses pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilihan umum (Pemilu) legislatif tahun 2014, akibat ketidaksiapan panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) turut dirasakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar. Saat memberikan hak pilihnya di TPS 07 Curug Mekar, Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (9/4), Sekda sempat menunggu sekitar satu jam untuk melakukan pencoblosan, dikarenakan proses pencoblosan tersebut yang rencananya dilaksanakan pukul 07.00 WIB, baru dilaksanakan sekitar pukul 08.00 WIB.

Mengenai situasi tersebut, Sekda pun menyatakan hal itu dapat menjadi evaluasi dalam pelaksanaan Pemilu kedepannya. “Ini barangkali dapat menjadi evaluasi juga bagi TPS, dimana dalam undangan sudah jelas waktu pencoblosan itu dimulai pada jam 7 pagi sampai jam 1 siang, ketika ada masyarakat yang sudah datang jam 7 pagi dan sudah siap untuk memberikan hak suaranya ternyata panitia belum siap. Sehingga menjadi bahan evaluasi, agar jangan sampai ada orang yang pulang lagi bahkan tidak kembali lagi ke TPS sehingga mereka tidak memberikan hak suaranya akibat dari ketidaksiapan panitia,” ujar Sekda saat ditemui usai memberikan hak pilihnya.

Menurutnya, situasi tersebut dapat memicu kurangnya partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya. “Ini barangkali yang memicu kenapa tingkat partisipasi kurang, karena ada masyarakat yang sudah siap tapi tidak dapat menyalurkan suaranya akibat dari ketidaksiapan para petugas di TPS,” tambahnya. Sementara itu, Sekda juga berharap agar tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu legislatif kali ini lebih baik dibandingkan Pemilu sebelumnya. “Harapannya tentu lebih baik dibanding Pemilu sebelumnya, memang ini tergantung dari sejauhmana kita menghimbau masyarakat untuk hadir ke TPS,” katanya.

Tak lupa, Sekda berpesan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk lebih memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat kedepannya. “Upaya – upaya yang maksimal dari KPU untuk sosialisasi kepada masyarakat sangat penting, karena masih ada masyarakat yang berpikiran ketimbang nyoblos mendingan berlibur karena hari ini hari libur masih ada yang begitu. Ini mungkin tugas dari KPU kedepan bagaimana senantiasa meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS,” pesannya. Usai memberikan hak pilihnya, Sekda langsung mengunjungi TPS 07 Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. TPS 07 Kelurahan Tengah ini merupakan tempat Bupati Bogor Rachmat Yasin beserta keluarga menyalurkan hak suaranya.

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Komentar :
   
Kalender Teman
MEI
01
Example Upcoming Agenda 2
Lokasi : Gedung Pemuda dan Olahraga
APR
30
Example Upcoming Agenda 1
Lokasi : Lapangan Tegar Beriman
Berita Terkait
25 April 2014 14:48:12
Jejaki Kerjasama, Dubes Bosnia Temui Bupati Bogor
Guna meningkatkana kerjasama antar negara, Duta Besar (Dubes) Bosnia and Herzegovina untuk Indonesia, Mr. Fuad Sabeta…
14 April 2014 16:10:00
Wabup Bogor Tinjau Pelaksanaan UN di Kabupaten Bogor
Wakil Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti menegaskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Bogor sangat bagus…
25 Maret 2014 16:19:49
Bupati Bogor Pimpin Apel Siaga Pol PP dan Linmas
Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan bahwa Satpol PP harus terus menegakkan peraturan daerah yang berada…
Kotak Aspirasi
Galeri Teman
Video Galeri